Thu. Sep 19th, 2024

Sejarah KB-TK AL BADAR

Pendirian lembaga TK Islam Al Badar oleh Yayasan Sosial dan Pendidikan Islam (YSPI) Al Badar, tidak terlepas dari sejarah berdirinya yayasan. Adalah sebagai bentuk wujud rasa syukur dari Pembina dan sekaligus Pendiri Yayasan H.M. Badarudin Moeskar, sebagai pengusaha. Beliau memiliki kesadaran untuk beramal sosial dengan mendirikan lembaga pendidikan. Oleh sebab itu, dirumuskannya kepedulian sosial tersebut dalam visi dan misi YSPI Al Badar. Yayasan ini memiliki visi mengantarkan masyarakat Islam berpendidikan, berbudaya, berkepribadian, berakhlakul karimah  dan sejahtera batiniyah-lahiriyah. Sedangkan untuk mencapai visi tersebut, YSPI Al Badar melakukan misi:

  1. Meningkatkan pendidikan dan pengajaran pada semua unit pendidikan di bawah Yayasan.
  2. Membina manusia muslim yang taqwa, berbudi luhur, berpengetahuan sempurna, cakap dan terampil serta bertanggung jawab terhadap agama, bangsa dan negara.
  3. Membendung kebudayaan yang bertentangan dengan Islam atau kepribadian manusia.
  4. Mengantarkan anak yang beragama Islam sebagai bagian muslim yang berpendidikan dan bermartabat.
  5. Menanamkan jiwa pengusaha/interpreuneur dengan tetap memegang teguh pilar-pilar nilai islami. (AD/ART YSPI Al Badar, Bab I, Pasal 3 dan 4)

Jelaslah dengan mencermati visi dan misi tersebut, bahwa untuk membentuk anak bangsa yang paripurna, yaitu tangguh, dan siap menghadapi masa depan, maka tidak bisa tidak wajib dimulai dari usia dini. Perkembangan usia dini berpengaruh besar kepada pertumbuhan dan perkembangan anak pada tahapan usia selanjutnya. Dengan menyadari hal inilah, maka YSPI Al Badar mendirikan Taman Kanak – Kanak (TK) Al Badar tahun 2006.

Sebagai lembaga yang selalu berupaya melakukan perubahan untuk menuju kesuksesan, maka ditetapkanlah trategi yang dinamakan dengan konsep Tiga Pilar untuk Al Badar, menuju penjaminan mutu. Strategi yang dimaksud yaitu : pertama, meningkatkan mutu layanan. Kedua, meningkatkan kerja tim (team work). Ketiga, meningkatkan komunikasi dan koordinasi dengan orangtua/wali. Alhamdulillah  tumbuhnya kepercayaan masyarakat dengan  wujud konkritnya adalah meningkatnya perkembangan jumlah peserta didik lembaga tersebut dari tahun ke tahun berikutnya. Berbagai prestasi telah diraih, baik di Tingkat Kecamatan, Kabupaten, bahkan Proinsi, terakhir adalah Juara II Lembaga PAUD Berprestasi Tk. Provinsi Jawa Timur, Tahun 2015.

Humas YSPI Al Badar
Kirim Dengan Whatsapp